Senin, 15 November 2010

PTC, Model Bisnis Online yang Paling Cocok untuk Pemula

Saat ini, PTC (Pay To Clik) adalah salah satu model bisnis online yang cukup banyak ditekuni di dunia Internet. Keadaan ini agaknya masih akan bertahan cukup lama, karena dari hari kehari justru makin banyak saja situs PTC yang bermunculan, baik dari luar negeri maupun situs lokal sendiri.

Bagi yang sudah lama terjun di dunia bisnis internet, pasti tidak akan asing lagi dengan PTC. Paling tidak mereka pernah membaca tentang PTC atau juga pernah "mencicipinya". Konsep yang ditawarkan oleh PTC memang cukup sederhana.

Ada dua pihak yang terlibat:
- Pihak Pengiklan, mengiklankan situs mereka sehingga dapat tersebar dengan sangat cepat
- Pihak Anggota, mendapat uang hanya dengan melihat atau mengklik iklan yang ditampilkan

Mengapa bisnis PTC cukup cocok bagi pemula? Ada banyak alasannya. Di sini saya akan mencoba memberikan beberapa saja.

Kemudahan

Tak dapat dipungkiri, PTC sangat mudah dijalani.  Bagi pemula, tak perlu punya blog atau situs untuk menjalankannya. Cukup ada akses internet dan segera mendaftar di situs PTC yang banyak tersebar di Internet. Modalnya hanya punya email dan membuat akun bank online seperti PayPal atau AlertPay
 yang banyak digunakan oleh penyelenggara PTC. Untuk situs lokal, biasanya juga menerima pembayaran melalui Bank langsung seperti BCA, MANDIRI atau BNI.

Bagi pemula kebanyakan akan mendaftar sebagai MEMBER atau ANGGOTA, yang peranannya adalah melihat iklan yang ada untuk mendapatkan imbalan. Sederhana sekali.

Pengenalan Referral

Hampir semua PTC menggunakan konsep referral, atau bahasa mudahnya orang yang mendaftar atas rujukan kita. Biasanya situs PTC akan memberikan persenan atas setiap penghasilan referral kita. Jadi semakin banyak kita memiliki referral, akan semakin cepat pula penghasilan kita. Konsep referral sangat penting untuk dipelajari, karena sangat banyak model bisnis internet lainnya yang menggunakan konsep ini.

Strategi Pemasaran


Hal ini masih berkaitan dengan konsep referral di atas. Karena yang menjadi objek yang kita pasarkan tidak lain adalah link untuk mencari referral sebanyak mungkin dan sebagus mungkin. Di sini kita dituntut untuk jeli dalam melihat, apa aturan yang ada dalam penyelenggara PTC, berapa banyak referral yang diperbolehkan, dan dimana sebaiknya kita memasang iklan. Karena bisa jadi kita salah dalam menempatkan iklan sehingga walaupun banyak memperoleh referral tetapi kurang aktif sehingga sama saja tidak mendapatkan tambahan dari keaktifan referral.

Investasi

Ya, investasi. Setelah anggota PTC pemula diajak untuk mengenal beberapa konsep awal tersebut, maka dititik selanjutnya, anggota seperti diajak pula untuk berpikir tentang investasi atau bisa juga dikatakan modal usaha. Meskipun untuk menjadi anggota situs PTC biasanya gratis, tetapi jika benar-benar ingin mendapatkan penghasilan yang serius dan cepat, maka perlu investasi.

Investasi untuk apa? Tentu saja untuk mendapatkan referral yang sebanyak-banyaknya. Ada 2 macam tipe referral yang saat ini banyak digunakan, yaitu referral langsung yang kita cari sendiri biasanya dengan memasang iklan, dan referral sewa yang kita sewa dari penyelenggara PTC dengan bayaran tertentu. Sewa refferal biasanya harus diperbaharui satu bulan sekali. Ada beberapa PTC yang menggunakan konsep membeli referral, jadi referral tersebut selamanya menjadi milik kita, meski tentu saja dengan harga yang lebih tinggi.

Kesimpulan


Hal-hal diatas adalah sebagian kecil saja beberapa konsep bisnis online yang bisa dipelajari oleh pengguna awal PTC. Dan hal yang lainnya bisa anda pelajari sendiri sambil berjalan. Masih sangat banyak hal yang bisa dipelajari. Apalagi jika suatu saat anda bahkan ingin mendirikan sendiri situs penyelenggara PTC.

Sekian.
Salam sukses,

Wahid Bisnis

Tidak ada komentar: